Internet banking adalah suatu aktivitas transaksi perbankan dengan menggunakan jaringan internet. Karena menggunakan internet, transaksi bisa dilakukan di berbagai tempat, seperti kantor, rumah, terminal dan tempat lainnya asalkan ada jaringan internet.

Medianya pun cukup umum, yaitu bisa menggunakan komputer, laptop, tablet, maupun hp Android maupun iOS.

Selain itu, transaksi yang bisa dilakukan juga beragam, mulai dari cek saldo, transfer, mutasi rekening, hingga keperluan pembayaran tagihan telepon dan listrik rumah tangga dan itu cukup dilakukan via aplikasi Android/ iOS.

Internet banking dikenal juga dengan istilah Electronic Banking atau E-Banking. Di Indonesia, sudah banyak bank – bank yang menyediakan fasilitas ini, diantaranya BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan lain sebagainya dan bisa digunakan untuk tujuan bisnis / keuangan Anda untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi situs Tepat.id.

Penggunanya juga tidak sedikit dan terus meningkat setiap harinya. Proses pengunaan dan aktivasinya relatif mudah. Untuk aktivasi, tinggal mengunjungi bank yang dimaksud dan mengajukan permohonan pembukaan akun e-banking. Umumnya, internet banking langsung dibuat ketika pembukaan rekening bank dilakukan.

Fasilitasi internet banking memiliki berbagai keuntungan bagi nasabah sesuai dengan tujuan dibentuknya fasilitas ini. Keuntungan terbesarnya adalah nasabah tidak perlu lagi keluar rumah pergi ke ATM atau ke bank untuk melakukan transaksi perbankan, kecuali tarik tunai.

Manfaat Internet Banking BCA, BRI, Mandiri, BNI untuk Finansial dan Bisnis

Dalam hal ini, nasabah untung dalam hal waktu dan biaya. Selain itu, nasabah juga memperoleh kemudahan untuk melakukan transaksi bisnis dengan cepat.

Berikut adalah manfaat internet banking untuk finansial dan bisnis.

1. Praktis dan Gratis

Nasabah bisa melakukan transaksi biaya tanpa mengeluarkan biaya dan tentunya hemat waktu. Tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk pergi ke bank ataupun membuang waktu untuk antri.

Hampir semua jenis transaksi bisa diakses melalui situs atau aplikasi di ponsel nasabah. Transaksi internet banking bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun 7/24.

Transaksi yang dilakukan juga terverifikasi dengan relatif cepat, hanya dalam hitungan menit bahkan detik dan transaksi berhasil dilakukan. Fasilitas ini sangat cocok untuk orang yang bergelut di dunia bisnis, dimana waktu sangatlah berharga.

2. Cek saldo dan mutasi rekening

Jika ingin melihat jumlah saldo dalam rekening, nasabah tidak perlu lagi pergi ke ATM terdekat. Cukup dengan memanfaatkan fasilitas internet banking, nasabah bisa dengan mudah melakukan transaksi tersebut.

Di internet banking, nasabah juga bisa melihat data transaksi keuangan dalam beberapa hari, minggu bahkan bulan terakhir.

3. Melakukan transfer non tunai

Nasabah tidak perlu lagi repot – repot pergi ke ATM untuk keperluan transfer non tunai. Contohnya pada saat membeli barang di marketplace.

Nasabah hanya cukup masuk ke dalam situs atau aplikasi bank yang bersangkutan. Kemudian tinggal pilih menu transfer, masukkan nomor rekening tujuan dan nominalnya, lalu dalam hitungan detik uang akan terkirim ke rekening yang dituju.

Baca juga: 6 Cara Mudah Untuk Menghemat Paket Internet Anda

4. Mempercepat transaksi pembayaran

Pembayaran tagihan bulanan, seperti air, listrik, telepon, biaya pendidikan bahkan pajak bisa dilakukan melalui internet banking. Tidak perlu lagi jauh – jauh datang ke gerai pembayaran terdekat. Sejumlah bank juga menyediakan fitur pembayaran bulanan secara otomatis.

Sehingga, pada waktu pembayaran, otomatis internet banking akan mengambil uang pembayaran dari akun nasabah. Isi ulang pulsa ponsel, modem dan token listrik juga bukan lagi merupakan masalah.

Internet banking juga memungkinkan pembayaran belanja di e-commerce dan marketplace. Tiket pesawat, kereta, hotel, barang – barang elektronik, keperluan rumah tangga dan pembayaran belanja lainnya bisa dilakukan melalui internet banking.

Jika biasanya nasabah harus datang ke agen perjalanan terdekat untuk membeli tiket, maka internet banking mempercepat dan mempermudah masalah tersebut. Transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan sangat cepat

Setelah tahu manfaat internet banking untuk finansial dan bisnis, sekarang waktunya membandingkan aplikasi internet banking dari beberapa perbankan di Indonesia.

BRI – BRI Mobile

Secara fungsi, aplikasi BRI Mobile memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi yang telah dijelaskan sebelumnya. Tampilan aplikasinya sangat sederhana. Menu yang disediakan juga hampir serupa dengan ATM.

Nasabah bisa melihat informasi dari 5 transaksi terakhir yang dilakukan pada akunnya. Selain itu, BRI juga memberikan notifikasi SMS untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Bank Mandiri – Mandiri Online

Aplikasi Mandiri Online bisa dikatakan cukup lengkap dengan berbagai fitur – fitur yang tidak bisa ditemukan di ATM. Pada aplikasi ini, nasabah bisa melakukan top up e-money dan e-toll untuk berbasis bank Mandiri.

Data transaksi juga disajikan lengkap sesuai keinginan nasabah. Tampilannya dibuat elegan namun sederhana. Namun, berkat fitur – fitur tersebut aplikasi ini menjadi terlalu berat bagi pengguna ponsel dengan spesifikasi RAM rendah.

BCA – BCA Mobile

Fitur penyimpanan data nomor rekening atau nomor tagihan pada aplikasi ini bisa memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi pembayaran.

Tampilannya dibuat sederhana dan nyaman digunakan oleh nasabah. Namun, karena layanan dari bank BCA yang relatif banyak, ada beberapa menu yang bisa membingungkan.

BNI – BNI Mobile Banking

Aplikasi ini memiliki fitur penjadwalan untuk tagihan – tagihan rutin. Jadi, nasabah bisa membayar tagihan miliknya tanpa harus melakukannya secara manual.

Secara sistem keamanan, ada beberapa keluhan nasabah yang mengatakan bahwa akun bank miliknya bisa diakses oleh orang lain melalui e-banking.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment