Pada masa pandemi ini, internet menjadi hal utama yang mampu menghubungkan dunia tanpa harus meninggalkan rumah. Internet juga digunakan sebagai sarana hiburan kala bosan selama di rumah.

Bagi orang-orang yang memiliki jaringan wifi, tentunya hal ini bukanlah jadi suatu masalah. Namun, tidak begitu dengan mereka yang menggunakan kuota internet.

Laman Geekwire menuliskan terjadinya peningkatan pengunjung dan kreator di berbagai situs live streaming. Penonton Twitch naik 10 persen pada masa pandemic ini.

Youtube gaming mengalami kenaikan 15 persen, bahkan Netflix meningkat pesat hingga nyaris 100 persen. Tentunya, laman streaming di atas cukup ramah kuota.

6 Cara Mudah Untuk Menghemat Paket Internet Anda

Namun, jika digunakan terus menerus, kuota internet juga akan menjerit minta berhenti. Berikut adalah beberapa cara mudah menghemat paket internet.

1. Ubah fitur maps ke mode offline

Aplikasi maps pada ponsel cukup menguras kuota internet dengan cepat berkat fitur melihat traffic secara real time dan melihat map dengan mode satellite.

Jika kamu menyalakan mode offline, maka fitur ini juga akan ditiadakan sehingga kuota internet tidak boros.

Jika kamu ingin menggunakan maps, untuk memandu atau menavigasi jalan. Kamu bisa melakukan navigasi kemudian mematikan paket data internet.

GPS akan terus menyala meskipun dalam kondisi offline. Jauh lebih hemat daripada menggunakan maps dalam kondisi online.

2. Gunakan browser yang efisien

Salah satu browser yang efisien dan direkomendasikan adalah Opera Mini. Browser ini mampu menghemat kuota internet dengan memampatkan website yang dikunjungi.

Fitur data-saving video boost bisa juga digunakan untuk mengoptimalkan kualitas tanpa harus mengorbankan data internet yang besar.

Opera Mini dapat bersaing dengan Google Chrome dalam hal tampilan website dan tentunya penggunaan data.

3. Aktifkan peringatan penggunaan data

Peringatan penggunaan data bisa diaktifkan lewat pengaturan ponsel. Dengan adanya peringatan ini, kamu dapat terhindar dari penggunaan data berlebihan.

Setelah peringatan ini muncul, segera matikan koneksi internet. Kemudian, kamu bisa melakukan hal lain di ponselmu secara offline.

Baca juga: Cara Daftar paket Internet XL/Axis dan Telkomsel

4. Identifikasi aplikasi boros kuota

Cari aplikasi mana yang menyedot kuota internetmu. Pasalnya, ada sejumlah aplikasi yang sangat menyedot kuota sehingga perlu diawasi penggunannya. Kamu bisa mengecek aplikasi yang boros tersebut di pengaturan ponsel milikmu.

Kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dan menggantinya dengan aplikasi lain yang lebih ramah kuota. Misalnya menggunakan Facebook Lite, LINE Lite ataupun TweetCaster.

5. Batasi Penggunaan Streaming

Streaming musik dan video dapat menyedot kuota internet yang relatif besar. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah mengunduh video atau musik yang ingin dinikmati.

Hal ini bisa dilakukan ketika dalam kondisi terhubung dengan Wi-Fi ataupun dalam kondisi menggunakan paket data. Jika dipaksakan streaming, disarankan untuk menurunkan kualitas video. Misal hanya 360p atau 240p.

Meskipun kualitas yang ditampilkan menjadi sangat berkurang, namun itu pantas dengan jumlah kuota yang digunakan. Selain itu, aktifkan pula fitur penghemat data yang ada di beberapa aplikasi streaming, seperti Youtube dan Netflix.

6. Matikan opsi sinkronasi yang tidak diinginkan

Ada banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada saat ponsel terhubung dengan internet. Hal ini terjadi secara langsung tanpa disadari oleh penggunanya.

Sinkronasi tersebut tentuknya akan menggunakan paket data yang ingin kamu hemat. Untuk mengatasi hal ini, matikan sinkronisasi otomatis pada akun – akun yang sudah jarang digunakan

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment